5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah

5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah

Provinsi Bengkulu memang sangat kaya akan Destinasi Wisata Sejarah dan Alamnya, setiap Kabupaten di Provinsi Bengkulu memiliki Destinasi Wisata Unggulannya sendiri. Tak terkecuali Kabupaten Bengkulu Tengah yang merupakan Kabupaten paling muda (Bungsu) juga memiliki Destinasi Wisata Unggulan. 

Selain Destinasi Wisata Familiar seperti Pantai Sungai Suci, Taman Wisata Wahaya Surya, Pantai Padang Betuah, Bukit Kandis, Gunung Bungkuk dan Air Terjun Datar Lebar, Bengkulu Tengah juga memiliki Destinasi Wisata Baru yang sebenarnya sudah ada sejak lama hanya saja Baru terekspos sekarang ini yaitu Pesona Wisata Alam Air Terjun Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang terdiri dari; Curuq Psuk, Curuq Midar, Curuq Guung, Curuq Embun Bidadari dan Curuq Air Tik Loi.

Objek Wisata Desa Penembang tidaklah sulit untuk dijangkau, perjalanan dari Kota Bengkulu ke Desa Penembang ± 1 s.d 1,5 Jam perjalanan. Untuk sampai pada Desa Penembang kita melintasi Jalan Lintas Bengkulu Tengah – Kepahiang, melewati Kantor Camat Taba Penanjung selanjutnya kurang lebih 150m dari kantor camat kita akan melihat simpang II; kiri dan lurus yakni  lurus kita akan menuju ke kepahiang dan Jalur kiri ini (Jl. Simpang Jambu) kita akan menjumpai KUA Taba Penanjung terus lurus  hingga menjumpai simpang II; lurus dan Kanan, Ke Kanan akan menuju Desa Datar dan Lurus akan menuju desa Penembang setelah melewati beberapa desa; Desa Padang Kedeper, Bajak II dan Jambu maka sampailah kita di Desa Penembang. 

Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah, memiliki Lima Pesona Wisata Alam Air Terjun yang amat mempesona, berikut ulasan singkatnya;

1. CURUQ PSUK

Curuq Psuk Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang

Curuq Psuk merupakan Wisata Alam Air Terjun utama atau andalan di Desa Penembang, selain pesonanya yang amat luar biasa, lokasinya pun sangat mudah dijangkau oleh pengunjung karena sangat dekat dengan pemungkiman penduduk. Sebelum kita sampai pada lokasi kita akan disuguhi pemandangan sawah-sawah warga yang elok nan cantik. 

Curuq Psuk Desa Penembang Kecamatan Merigi KelindangJarak lokasi dari jalan raya Desa Penembang hanya ± 100 m dan tepat berada di belakang rumah warga, dilihat dari jalan pun air terjun napal tanah bagian atas sangat jelas terlihat. Setiap pengunjung akan ditarik retribusi perorangan dan juga retribusi parkir kendaraan (jangan khawatir retribusinya sangat terjangkau 2000-5000 Rupiah).



Sebelum sampai ke lokasi kita akan melintasi jalan “Jalang Bareng Jadian Nggak” selanjutnya melintas jembatan kecil, ruang ganti pakaian serta  tempat duduk selfi ria dan setibanya di  Air Terjun “Curuq Psuk” kita akan disuguhi pemandangan yang sangat mempesona yakni air terjun empat cabang dengan ketinggian ± 8 m. Air terjun ini sangat cocok sekali untuk liburan bersama orang tersayang, selain lokasinya sangat mudah dijangkau dan juga terdapat danau kecil (Warga desa menamainya danau kecil) yang biasanya digunakan untuk mandi dan berenang sebagai pelepas penat.

Curuq Psuk Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang


Rasa penat, lelah, galau dan sebagainya akan hilang seketika ketika melihat betapa mempesonanya air terjun “Curuq Psuk” Desa Penembang, terlebih lagi mandi dan berenang di danau kecil, dijamin deh bakal seger abizzzz. Buat para Jones di sini terdapat pohon namanya “Pohon Jones”  mungkin dengan berfoto di sini ke depan gak jadi Jones lagi..hehe. Air Terjun “Curuq Psuk” selalu ramai dikunjungi terlebih pada hari libur, buat sobat semua yang penasaran dan tertarik sangat recomended banget deh, dijamin gak bakalan nyeeseel.. :D


Jalan coran semen menanjak ke atas merupakan jalan menuju 3 Wisata Alam Air terjun Desa Penembang
Jalan coran semen menanjak ke atas merupakan jalan menuju 3 Wisata Alam Air terjun Desa Penembang yang lainnya; Curuq Midar, Curuq Guung dan Curuq Embun Bidadari. Perjalanannya cukup menantang disarankan untuk menggunakan motor saja karena untuk sampai pada rumah tempat menitipkan kendaraan, hanya bisa dengan menggunakan motor, selain itu perjalanannya akan lebih banyak jalan setapak yang tidak mungkin dilewati mobil, jalan setapak juga cukup terjal serta berada di tepi jurang yang menaharuskan kita ekstra hati-hati agar tidak jatuh ke jurang. Setelah sampai pada rumah warga untuk menitipkan kendaraan, selanjutnya untuk menuju lokasi kita harus berjalan kaki, dari rumah warga terdapat simpang II lurus dan Kiri; Lurus Curup Midar dan Curuq Guung ± 250m medan tidak terlalu berat cukup mudah dilewati, Ke Kiri menuju Curuq Embun Bidadari ± 1000m kita akan melintasi jembatan yang cukup keren dan unik, selanjutnya melintas kebun kopi warga, bisa dibilang medannya cukup berat karena lokasi cukup jauh serta jalan setapak yang mendaki.

Jalan menuju 3 Wisata Alam Air terjun Desa Penembang


2. CURUQ MIDAR

Curuq Midar Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang

Curuq Midar Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang
Wisata Alam Air Terjun “Curuq Midar” tak kalah mempesona dengan Air Terjun “Curuq Pesuk”, Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi yaitu sekitar ± 6 m namun kedalam airnya cukup dalam ± 4 m, meski tergolong cukup dalam namun sangat aman karena tidak ada arus yang membahayakan ataupun bebatuan/kayu tajam yang berbahaya. Sangat recomended banget buat sobat yang suka loncat tinggi atau ingin merasakan segernya air pegunungan.

Curuq Midar Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang


3. CURUQ GUUNG

Curuq Guung Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang
Tepat di atas Curuq Midar  berjalan sekitar ± 70m kita akan menjumpai Air terjun “Curuq Guung” sebelum sampai pada Air Terjun “Curuq Guung” Kita akan melewati “Napa Mlacua” yang merupakan bebatuan dengan kemiringan yang identik dengan perosotan air, bagi sobat yang suka main perosotan air berhenti sejekan untuk bermain perostan air rasanya pilihan yang tepat sebelum menuju “Curuq Guung”.

Ketinggian “Curuq Guung” tidak jauh berbeda dengan curuq Midar ± 7 m. Curuq Guung yang berarti Air Terjun Indah, pemberian nama yang memang tepat untuk Air Terjun yang Indah dan mempesona ini.

Curuq Guung Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang

Air terjun ini juga cukup mudah dijangkau namun tetap harus hati-hati, karena bebatuannya cukup lincin dan disarankan untuk melepas alas kaki atau sendal. Air terjun “Curuq Guung” Juga sangat nyaman untuk mandi dan berenang air yang jernih nan sejuk bener-bener dapat menghilangkan penat dan rasa lelah kita.

4. CURUQ  EMBUN BIDADARI

Curuq Embun Bidadari Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang
Berjalan ± 1000m melintasi kebun kopi warga dengan jalan setapak yang mendaki. Sebuah perjalanan yang cukup melelahkan mengingat lokasi cukup jauh. 

Namun jangan khawatir sobat semua sesuai dengan namanya Curuq Embun Bidadari benar-benar mempesona dan membuat kita jatuh hati. Dikelilingi alam yang masih sangat asri nan hijau begitu menyejukkan pandangan.

Curuq Embun Bidadari Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang

Terlebih lagi terdapat telaga kecil  sangat cocok untuk mandi dan berenang, mengenai air sudah pasti dingin dan sejuk dong, seegeeer banget.. :D

Curuq Embun Bidadari Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang

Ternyata penamaan Curuq Embun Bidadari berasal dari cerita rakyat, dikisahkan bahwa Curuq atau air terjun ini pada dahulu kala merupakan tempat persinggahan dan pemandian para bidadari khayangan. Dan akhirnya diberilah nama Air terjun ini dengan nama “Curuq Embun Bidadari”.

Selain cerita rakyat mungkin penamaan “Curuq Embun Bidadari” dikarenakan pesona Air terjun ini bak bidadari yang cantik jelita, hehe maybe yes – maybe no :D

Curuq Embun Bidadari Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang

Meskipun lelah karena berjalan mendaki dan cukup jauh namun sudah terbayar tunai ketika kita melihat betapa indahnya “Curuq Embun Bidadari”, Air Terjun ini memiliki ketinggian ± 12 m. Jika sobat sempat berkunjung kesini jangan lupa berselfi ria, rugi jika gak, udah berjalan jauh tetapi gak meninggalkan jejak..  hadeh..:D

Curuq Embun Bidadari Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang


5. CURUQ AIR TIK LOI

Curuq Air Tik Loi Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang
Air Terjun ini warga sekitar menyebutnya dengan sebutan Curuq Air Tik Loi, yang berarti Mata Air besar.

Curuq Air Tik Loi terletak di Timur desa penembang, dengan jarak ± 500 m dari desa. Curuq ini memiliki ketinggian ± 10 meter.

Disekitar Lokasi terdapat kebun durian yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang suka menikmati sensasi makan buah durian. Karena desa penembang terkenal sebagai salah satu desa produsen buah durian terbesar di kecamatan Merigi kelindang. Tak heran jika durian yang dihasilkan rasanya hmmm... nikmat abiz.. :D

Itulah sekilas ulasan tentang 5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah, menurut warga setempat masih ada beberapa lagi Air Terjun di Desa Penembang. Buat Sobat semua pencinta Alam dan Sang Petualang, Jangan lewatkan Destinasi wisata ini.

5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah 5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah 5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah 5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah 5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah 5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah 5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah 5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah 5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah 5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah 5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah 5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "5 Pesona Penembang Wisata Alam Air Terjun Bengkulu Tengah"

  1. Mantaap luar biasa disitu. Kapan2 bisa itu jadi tour guide. ๐Ÿ˜Ž

    ReplyDelete
  2. Mantaap luar biasa disitu. Kapan2 bisa itu jadi tour guide. ๐Ÿ˜Ž

    ReplyDelete
  3. Subhanallah bagus banget dekat lagi.

    Kalo jalan ke air terjun psuk itu kan dekat dari rumah warga. Itu jalannya landai apa menanjak. Kalo pake mobil aman tak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan landai mbak, mobil bisa titip samping rmh wrg pinggir jaln.. insyaAllah aman mbk, ada yg jaga anak" karang taruna desa penembang.

      Delete
  4. Buat lebih banyak artikel kyak ini bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. siap,, lagi merancang waktu dulu utk petualangan selanjutnya.. :D

      Delete
  5. wahh wajib masuk list ini, belum pernah ke sini soale, kayaknya boleh nih minta tolong jadi guide sekalian ya min hehehe

    ReplyDelete
  6. Komi pernah otw ke sini. Sayangnya pas di tanjakan menuju desa, motornya mogok. Jadi putar kepala deh...

    ReplyDelete
  7. wah, mantap... Ada yang agak ekstrim ya akses jalannya. Tapi, bagus-bagus destinasi wisatanya. Bisa jadi alternatif, nih.

    ReplyDelete
  8. iya mas ahmad, bener" bagus,, puas baget liatnya.. hee

    ReplyDelete
  9. pernah ke curug pesuk. emang kerenn .. emang gk bosenin kalo yang namanya traveling ke alam :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bget ungayossy alam emg bikin adem....

      Delete
  10. Ke lokasi ini bisa naik moror ya mas?

    ReplyDelete
  11. Wah keren banget pemandangan air terjunnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dex,, keren abiz.. jgn lp ksn y.. lw ad wktu luang

      Delete

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Silakan Tinggalkan Jejak dengan Berkomentar di Sini. Semoga Bermanfaat !