Sejuta Manfaat dari Wortel Makanan Kesukaan Si Imut Kelinci

Sejuta Manfaat dari Wortel Makanan Kesukaan Si Imut Kelinci
Source: pets.id
Apa itu Wortel ?

Wortel sudah tidak asing lagi bagi kita, karena dalam kehidupan sehari-hari selalu hadir tanpa mengenal musim.  Wortel (Daucus Carota) merupakan jenis sayuran umbi semusim, sayuran ini telah menjadi sayuran terpopuler kedua di dunia setelah kentang.  

Wortel sebagai sayuran umbi akar, rasanya yang manis kerena mengandung gula menyebabkan disukai banyak orang. Wortel (Daucus Carota) termasuk dalam famili Umbelliferae (Apiaceae) yang anggotanya mempunyai bunga berbentuk payung.  Wortel sebenarnya adalah akar tunggang yang menebal dan berisi cadangan makanan. Mulanya akar ini berwarna putih, kemudian berubah kuning pucat dan akhirnya menjadi oranye tua. Bentuk dan ukuran umbi tergantung dari Varietas, kesuburan tanah, iklim dan hama serta penyakit.  

Wortel merupakan tanaman dengan betakaroten terkaya, unsur yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Sementara Vitamin A dalam Wortel membantu kita menjaga kesehatan mata, kulit, rambut, serta memperbaiki sistem imun tubuh. Kalsiumnya, menjaga tulang dan gigi dan membantu kerja berbagai otot dan saraf. Masih banyak lagi kandungan Vitamin dan Mineral Wortel, yang tentunya membawa sederat manfaat lain. Adapun detail Kandungan Nilai Gizi dan Kalori dalam Umbi Wortel per 100 g Bahan Segar sebagai berikut; 

Kandungan Wortel
Source: Google Books

Asal Usul Wortel ?

Tanaman Wortel berasal dari daerah yang beriklim sedang (Subtropis). Tanaman ini ditemukan sekitar 6.500 Tahun  yang lalu, tumbuh secara liar di kawasan kepulauan Asia Tengah (Punjab, Kasmir, Afganistan, Tajikistan, dan bagian barat Tiam San) dan kawasan Timur Dekat (Asia Kecil, Dataran Tinggi Trumenistan, Transcaucasia dan Iran). Dari kawasan Asia, mula-mula tanaman wortel dibudidayakan di sekitar Laut Tengah. Selanjutnya menyebar luas ke kawasan Eropa, Afrika, Amerika dan akhirnya menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia yang beriklim panas (Tropis). Di Indonesia, tidak diketahui dengan pasti kapan mulanya tanaman wortel dibudiayakan secara intensif. Namun rintisan budi daya Wortel diketahui terpusat di daerah Jawa Barat (Lembang dan Cipanas). Selanjutnya berkembang luas di daerah-daerah sentra sayuran seperti di dataran tinggi wilayah Jawah Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara,  Bali, Kalimantan Timur, dll. 

Apa Manfaat Wortel ?

Sejuta Manfaat dari Wortel Makanan Kesukaan Si Imut Kelinci
Source: Google

1. Sebagai Bahan Makanan

Wortel merupakan salah satu sayuran yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam masakan misalnya; sup, capcai, bistik, kari, mie dan sebagainya. Umbi wortel memiliki cita rasa yang enak, renyah dan manis sehingga disukai berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang tua. Umbi Wortel juga dapat diolah dalam bentuk olahan seperti Minuman sari Umbi Wortel, Sncak, Manisan, Jus, dll. Selain itu umbi wortel juga dapat digunakan sebagai bahan pewarna pangan alami (dalam bentuk tepung), bagian lain dari Wortel yakni daun, juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan (sayuran).

2. Sebagai Bahan Pengobatan

Wortel selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan juga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, karena memang Wortel mengandung zat-zat yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit, antara lain sebagai berikut:
  1. Senyawa betakaroten dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tumor, menghambat penyebaran sel kanker, dan mengaktifkan enzim pelawan kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wortel dapat mencegah semua jenis kanker, misalnya kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat, kanker kantong kemih, kanker larynk, kanker oesophagus, dan kanker cerviks. Selain itu, betakaroten juga bermanfaat untuk menyamarkan flek (noda cokelat) pada kulit.
  2. Senyawa Karoten (pro-vitamin A) sangat bermanfaat untuk kesehatan yakni dapat mencegah penyakit rabun senja, pandangan buram dan memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A.
  3. Senyawa-senyawa lainnya dapat mengatasi jenis-jenis penyakit tertentu, misalnya lemah syaraf, mual-mual pada wanita hamil, radang lambung, radang amandel, tubuh lesu, ganguan empedu, penyakit dalam pencernaan (hyperaciditas), pendarahan gusi, sembelit, bau mulut, mencegah pembentukan asam urat, mencegah penbentukan batu dalam saluran kemih, mencegah kerusakan gigi, mencegah serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah, membersihkan darah, menurunkan kolestrol darah, meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi penyakit, serta meningkatkan kesehatan usus besar.

Wortel apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat meningkatkan kesehatan dan ketahanan tubuh terhadap berbagai penyakit.

3. Sebagai Bahan Kosmetika

Wortel selain dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan pengobatan juga dimanfaatkan untuk keperluan kosmetik karena kandungan Wortel sangat berguna untuk merawat kecantikan wajah dan kulit yakni menghaluskan wajah, menjaga kelembutan kulit, memperlambat kerutan di wajah, mengurangi/mencegah jerawat serta dapat menyuburkan rambut. Untuk merawat kecantikan Wortel biasanya digunakan sebagai masker wajah.


Referensi:
1. Aprilia Fadjar Pertiwi & Arif Liasta Ginting. Yuk Makan Wortel. Jakarta: Gramedia Pustaka)
2. Buku Pintar Pohon Wortel Karya Mira Lesmana
3. Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma. Penyembuhan dengan Wortel Edisi Ketiga. 2004. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor
4. Ir. Bambang Cahyono. Wortel Teknik Budi Daya Analisis Usaha Tani. 2002. Yogyakarta: Kanisius
5. Ir. Pracaya. Bertanam Sayur Organik di Kebun, Pot dan Polibag, Cet VIII.2007. Jakarta: PT Penebar Swadaya

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Sejuta Manfaat dari Wortel Makanan Kesukaan Si Imut Kelinci"

  1. Amazing ternyata wortel sangat banyak manfaatnya. Terima kasih tuk ilmunya.

    ReplyDelete
  2. Wow gak rugi gua suka banget ma wortel, ternyata emang banyak banget manfaatnya.. top dah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat gitu bro... selamat hidup sehat.. :D

      Delete
  3. Replies
    1. Enak dan menyehatkan tentunya.. hee :D

      Delete
  4. kalau aku suka makan wortel metah-mentah, mirip kelinci ehheeee....tapi enak lho, bener. manis-manis gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dimakan mentah emg Wenak bener,,hee

      Delete
  5. Masih kurang suka sama wortel. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. dibiasakan bro.. biar sehat.. :D

      Delete
  6. wow,, nice info kak.. Dikupas tuntas..

    ReplyDelete
  7. Suka dijadikan cemilan ini wartel. Terima kasih info tambahannya.

    ReplyDelete
  8. Wah ini sayuran berjuta manfaat, tapi ane kurang demen hahaha

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Silakan Tinggalkan Jejak dengan Berkomentar di Sini. Semoga Bermanfaat !